cara menghilangkan lecet dalam pada motor

Halo Teman BahasBerita, siapa yang tidak pernah mengalami masalah lecet pada motor? Lecet pada motor memang seringkali terjadi karena berbagai faktor seperti gesekan, benturan, atau tergores benda tajam. Lecet pada motor memang bukan masalah yang serius, tapi bisa mengganggu tampilan motor dan menurunkan nilai jualnya. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara menghilangkan lecet pada motor dengan mudah dan cepat. Simak terus artikel ini ya!

1. Gunakan Pasta Gigi

Pasta gigi ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan lecet pada motor. Caranya cukup mudah, oleskan pasta gigi pada bagian lecet dengan lembut menggunakan kain lembut. Gosok secara perlahan hingga lecet hilang. Setelah itu bilas bagian motor yang telah diolesi pasta gigi dengan air bersih.

1.1. Kelebihan Menggunakan Pasta Gigi

Kelebihan dari menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan lecet pada motor adalah bahan yang digunakan mudah didapat dan terjangkau. Selain itu, pasta gigi juga memiliki kandungan abrasive yang cukup ringan sehingga tidak merusak cat motor.

1.2. Kekurangan Menggunakan Pasta Gigi

Kekurangan dari menggunakan pasta gigi adalah hasil yang didapatkan tidak se-optimal menggunakan bahan khusus seperti polish atau compund. Selain itu, pasta gigi biasanya hanya efektif menghilangkan lecet yang ringan saja.

2. Gunakan Bahan Khusus

Ada beberapa bahan khusus yang dapat digunakan untuk menghilangkan lecet pada motor seperti polish, compund, atau rubbing. Caranya cukup mudah, aplikasikan bahan khusus pada bagian motor yang lecet dengan lembut menggunakan kain lembut atau spons. Gosok secara perlahan hingga lecet hilang. Setelah itu bilas bagian motor yang telah diolesi bahan khusus dengan air bersih.

2.1. Kelebihan Menggunakan Bahan Khusus

Kelebihan dari menggunakan bahan khusus adalah hasil yang didapatkan lebih optimal dibandingkan menggunakan pasta gigi. Selain itu, bahan khusus biasanya efektif menghilangkan lecet yang lebih parah dan memudahkan dalam proses penghilangan lecet.

2.2. Kekurangan Menggunakan Bahan Khusus

Kekurangan dari menggunakan bahan khusus adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan pasta gigi. Selain itu, bahan khusus biasanya lebih sulit didapatkan dan tidak semua bahan khusus cocok untuk semua jenis cat motor.

3. Poles Ulang Bagian Motor yang Lecet

Jika lecet pada motor tergolong parah dan sulit dihilangkan, maka cara terbaik adalah dengan melakukan poles ulang bagian motor yang lecet. Namun, cara ini memerlukan biaya yang cukup besar dan memerlukan keahlian khusus. Oleh karena itu, disarankan untuk hanya melakukan poles ulang pada bagian yang benar-benar memerlukannya.

3.1. Kelebihan Poles Ulang Motor

Kelebihan dari melakukan poles ulang motor adalah hasil yang dihasilkan optimal dan seperti baru kembali. Selain itu, poles ulang motor juga dapat meningkatkan nilai jual motor dan memberikan tampilan motor yang lebih menarik.

3.2. Kekurangan Poles Ulang Motor

Kekurangan dari melakukan poles ulang motor adalah biayanya yang cukup mahal. Selain itu, poles ulang motor juga memerlukan waktu dan tenaga yang cukup banyak.

4. Hindari Hal yang Menyebabkan Lecet pada Motor

Usahakan untuk menghindari hal yang dapat menyebabkan lecet pada motor. Misalnya, hindari memarkirkan motor di tempat yang berisiko terjadinya lecet seperti parkiran yang penuh dengan kendaraan motor lainnya. Selain itu, hindari juga menggesekkan motor dengan benda kasar atau terkena benturan yang cukup keras.

4.1. Keuntungan Menghindari Hal yang Menyebabkan Lecet pada Motor

Keuntungan dari menghindari hal yang menyebabkan lecet pada motor adalah motor akan terlihat lebih terawat dan juga dapat meningkatkan nilai jual motor.

4.2. Kerugian Menghindari Hal yang Menyebabkan Lecet pada Motor

Kerugian dari menghindari hal yang menyebabkan lecet pada motor adalah kadang-kadang sulit untuk dihindari. Misalnya, saat parkir motor di tempat umum seperti di mall atau pusat perbelanjaan.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara menghilangkan lecet pada motor dengan mudah dan cepat. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Hindari hal-hal yang dapat menyebabkan lecet pada motor dan jangan lupa untuk selalu merawat motor anda dengan baik agar tetap terlihat keren dan terawat.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Related video of Cara Menghilangkan Lecet pada Motor dengan Mudah dan Cepat