Bagaimana Cara Kerja Turbocharger pada Mobil?

Turbocharger adalah salah satu teknologi yang banyak digunakan pada mesin mobil modern untuk meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar. Bagi para pecinta otomotif, pasti sudah tidak asing lagi dengan teknologi ini. Namun, bagi yang masih awam, cara kerja turbocharger pada mobil mungkin masih membingungkan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas secara detail tentang bagaimana cara kerja turbocharger pada mobil.

Pendahuluan

Turbocharger merupakan komponen yang memungkinkan mobil menghasilkan daya yang lebih besar dari mesin yang sama. Sebelum memasuki pembahasan tentang cara kerja turbocharger, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu mesin turbocharged dan bagaimana komponen-komponen yang terlibat di dalamnya.1️⃣ Mesin TurbochargedMesin turbocharged (atau sering juga disebut mesin turbo) adalah istilah untuk mesin mobil yang menggunakan turbocharger untuk meningkatkan performa. Pada mesin turbocharged, udara yang masuk ke mesin lebih banyak dibandingkan dengan mesin konvensional dengan ukuran yang sama. Hal ini membuat campuran udara dan bahan bakar menjadi lebih kaya, sehingga dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar.2️⃣ Komponen TurbochargerTurbocharger terdiri dari dua bagian utama, yaitu compressor dan turbine. Kedua bagian ini dihubungkan oleh sebuah shaft yang berputar ditenagai oleh gas buang dari mesin. Compressor berfungsi untuk memampatkan udara yang masuk ke mesin, sementara turbine berfungsi untuk menggerakkan compressor dengan tenaga dari gas buang. Selain itu, terdapat juga wastegate yang berfungsi untuk mengalirkan sebagian dari gas buang langsung ke knalpot jika tekanan turbocharger sudah terlalu besar.3️⃣ Turbo LagSalah satu kekurangan dari mesin turbocharged adalah turbo lag. Turbo lag adalah perbedaan waktu antara saat pengendara menginjak pedal gas dengan saat turbocharger mulai menyediakan tekanan udara yang cukup. Hal ini terjadi karena waktu yang dibutuhkan oleh turbin untuk berputar cukup cepat untuk menghasilkan tekanan udara yang cukup besar.4️⃣ Boost PressureBoost pressure adalah tekanan udara yang dihasilkan oleh turbocharger. Semakin besar tekanan udara, semakin banyak oksigen yang masuk ke mesin, sehingga semakin banyak bahan bakar yang dapat dibakar. Boost pressure juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi performa mesin turbocharged.5️⃣ IntercoolerIntercooler adalah komponen yang berfungsi untuk menurunkan suhu udara yang masuk ke mesin. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya pre-ignition (ledakan spontan) pada mesin. Pre-ignition dapat merusak mesin dan menurunkan performa.6️⃣ Oil Feed and Return LineTurbocharger membutuhkan oli untuk melumasi bearing dan turbin. Oleh karena itu, turbocharger dilengkapi dengan oil feed and return line yang mengalirkan oli dari mesin ke turbocharger dan kembali ke mesin.7️⃣ Exhaust SystemExhaust system atau sistem knalpot berfungsi untuk mengalirkan gas buang dari mesin ke turbocharger. Gas buang akan menggerakkan turbin pada turbocharger, sehingga kompresor dapat memampatkan udara yang masuk ke mesin.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Kerja Turbocharger pada Mobil

Turbocharger memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam cara kerjanya pada mobil. Berikut penjelasannya:1️⃣ Kelebihana. Meningkatkan performa mesinTurbocharger dapat meningkatkan performa mesin dengan meningkatkan tekanan udara yang masuk ke mesin. Dengan tekanan udara yang lebih besar, campuran udara dan bahan bakar dapat lebih kaya, sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar.b. Lebih efisien dalam penggunaan bahan bakarMesin turbocharged biasanya lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dibandingkan dengan mesin konvensional dengan ukuran dan performa yang sama. Hal ini karena campuran udara dan bahan bakar yang lebih kaya, sehingga dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar dengan jumlah bahan bakar yang sama.c. Lebih ramah lingkunganKarena mesin turbocharged lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar, maka emisi gas buangnya juga lebih sedikit dibandingkan dengan mesin konvensional dengan ukuran dan performa yang sama. Hal ini membuat mesin turbocharged lebih ramah lingkungan.2️⃣ Kekurangana. Turbo LagSeperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mesin turbocharged memiliki turbo lag yang dapat mempengaruhi responsivitas mesin. Hal ini dapat menurunkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.b. Diperlukan perawatan yang lebih intensifTurbocharger memiliki bearing dan turbin yang harus dilumasi dengan oli. Oleh karena itu, diperlukan perawatan yang lebih intensif dibandingkan dengan mesin konvensional.c. Memiliki risiko overboostJika tekanan udara terlalu besar, maka dapat menyebabkan overboost yang dapat merusak mesin. Oleh karena itu, diperlukan perawatan yang tepat untuk menghindari risiko overboost.

Detail Cara Kerja Turbocharger pada Mobil

Untuk lebih memahami tentang cara kerja turbocharger pada mobil, berikut adalah penjelasannya secara detail:1️⃣ Sistem KnalpotPada mesin mobil konvensional, gas buang langsung dibuang ke udara bebas melalui knalpot. Namun, pada mesin turbocharged, gas buang dialirkan ke turbocharger terlebih dahulu melalui pipa exhaust manifold.2️⃣ TurbinGas buang yang masuk ke turbocharger akan menggerakkan turbin yang terhubung dengan shaft. Turbin akan memutar shaft dengan kecepatan yang tinggi.3️⃣ CompressorShaft yang terhubung dengan turbin juga terhubung dengan compressor yang terletak di sisi lain. Kecepatan putaran shaft akan menggerakkan compressor untuk memampatkan udara yang masuk ke mesin.4️⃣ WastegateWastegate adalah katup yang terhubung ke wastegate di dalam turbocharger. Wastegate berfungsi untuk mengalirkan sebagian dari gas buang langsung ke knalpot jika tekanan turbocharger sudah terlalu besar.5️⃣ IntercoolerUdara yang masuk ke mesin melalui turbocharger biasanya memiliki suhu yang tinggi. Oleh karena itu, udara tersebut harus dipendingin terlebih dahulu melalui intercooler agar campuran udara dan bahan bakar menjadi lebih padat dan menghasilkan tenaga yang lebih besar.6️⃣ Boost PressureBoost pressure adalah tekanan udara yang dihasilkan oleh turbocharger. Tekanan udara ini akan diatur oleh wastegate agar tidak terlalu tinggi dan dapat merusak mesin.7️⃣ Oil Feed and Return LineTurbocharger membutuhkan oli untuk melumasi bearing dan turbin. Oleh karena itu, turbocharger dilengkapi dengan oil feed and return line yang mengalirkan oli dari mesin ke turbocharger dan kembali ke mesin.

Tabel

Berikut adalah tabel yang berisi semua informasi lengkap tentang cara kerja turbocharger pada mobil:

Komponen Turbocharger
Fungsi
Compressor
Memampatkan udara yang masuk ke mesin
Turbin
Menggerakkan compressor dengan tenaga dari gas buang
Wastegate
Mengalirkan sebagian dari gas buang langsung ke knalpot jika tekanan turbocharger sudah terlalu besar
Intercooler
Menurunkan suhu udara yang masuk ke mesin
Boost Pressure
Tekanan udara yang dihasilkan oleh turbocharger
Oil Feed and Return Line
Mengalirkan oli dari mesin ke turbocharger dan kembali ke mesin untuk melumasi bearing dan turbin
Exhaust System
Mengalirkan gas buang dari mesin ke turbocharger

FAQ

1️⃣ Apa itu turbocharger?2️⃣ Apa bedanya mesin turbocharged dengan mesin konvensional?3️⃣ Apa kelebihan dari mesin turbocharged?4️⃣ Apa kekurangan dari mesin turbocharged?5️⃣ Apa itu turbo lag?6️⃣ Apa itu boost pressure?7️⃣ Apa itu intercooler?8️⃣ Bagaimana cara merawat turbocharger?9️⃣ Apa itu oil feed and return line pada turbocharger?🔟 Apa itu exhaust system pada turbocharger?11️⃣ Bagaimana cara menghindari risiko overboost?12️⃣ Apakah mesin turbocharged lebih ramah lingkungan?

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, diharapkan pembaca dapat lebih memahami tentang bagaimana cara kerja turbocharger pada mobil. Turbocharger merupakan teknologi yang banyak digunakan pada mesin mobil modern untuk meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar. Meski memiliki kekurangan seperti turbo lag dan perawatan yang lebih intensif, namun kelebihan turbocharger dalam meningkatkan performa dan efisiensi membuatnya menjadi salah satu teknologi yang banyak diaplikasikan pada mesin mobil. Oleh karena itu, bagi yang ingin meningkatkan performa mesin mobil, turbocharger bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Penutup

Itulah ulasan kami tentang bagaimana cara kerja turbocharger pada mobil. Meski artikel ini telah berusaha memberikan penjelasan yang lengkap dan detail, namun hal ini hanyalah sebagai referensi dan pengetahuan awal. Sebaiknya jika ingin memasang atau merawat turbocharger pada mobil, alangkah lebih baiknya untuk berkonsultasi dengan mekanik yang ahli dan memiliki pengalaman, agar bisa memastikan segala hal berjalan dengan baik dan sesuai dengan spesifikasi mobil yang digunakan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Related video of Bagaimana Cara Kerja Turbocharger pada Mobil?